Jenis-jenis blog

 

1. Blog Gratis (Free Blog)

 Blog gratis adalah blog disediakan gratis oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, baik itu subdomain dan juga hostingnya. Blog ini memiliki ciri khas pada pencantuman nama pihak ketiga pada nama blog yang telah dibuat, misalnya maxmanroe.blogspot.com atau maxmanroe.wordpress.com. Penyedia layanan blog gratis yang sangat populer saat ini adalah Blogspot, WordPress, Tumblr dan lain sebagainya.

 2. Self-Hosting Blog

 Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri, dan pemilik blog membayar layanan tersebut. Biasanya self-hosting blog ini dimiliki oleh blogger profesional dan juga para internet marketer. Contoh self-hosting blog adalah Radityadika.com, Ndorokakung.com, StartupBisnis.com, Maxmanroe.com, dan lain sebagainya.

3. Micro Blog

 Micro blog adalah blog yang kontennya ditulis dengan jumlah karakter yang terbatas, dan tak sebanyak dari jenis blog yang lainnya. Contoh micro blog adalah #Twitter.

 4.  Niche Blog

 Niche blog adalah blog yang ditulis oleh seseorang dengan tema-tema tertentu atau spesifikasi topik yang khusus. Contoh niche blog adalah blog Fashion, blog Bisnis, blog Pendidikan, blog Kesehatan, blog Teknologi dan lain sebagainya. Salah satu niche blog yang cukup terkenal adalah Female Daily.

5. General Blog

 General blog adalah blog yang berisi bermacam-macam tema atau topik yang bersifat umum. Bisa saja general blog ini membahas berbagai macam topik sekaligus karena memiliki beberapa penulis yang menyukai/ menguasai topik yang berbeda-beda.

6. Personal Blog

 Personal blog adalah blog yang berisi macam-macam konten dan informasi berdasarkan pendapat si pemilik blog. Personal blog umumnya dibuat dengan tujuan sebagai media berekspresi atau media curahan hati. Contoh personal blog adalah Asepsandro.blogspot.com.

7. Personal Branding Blog

Personal branding blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan berpromosi dan meningkatkan nama si penulis agar dikenal orang banyak. Biasanya blog personal branding memiliki gaya bahasa yang formal atau semi formal. Contoh blog personal branding yang cukup terkenal adalah JokoSusilo.com, JohnChow.com, dan lain-lain.

8. Blog otoritas (authority blogs)

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.
Dari sisi mendapatkan pengunjung, blog otoritas tidak fokus kepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung juga dari social media (Facebook, Twitter, dan Pinterest). Oleh sebab itu, jika pun mesin pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari sosial media tersebut.

9. Blog Perusahaan

Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan telah menambahkan sebuah blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.

10. Blog spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »